Depan Pelatihan Ketahanan Pangan, Pemanfaatan dan Ketahanan Pengelolaan Lahan Kosong

Pelatihan Ketahanan Pangan, Pemanfaatan dan Ketahanan Pengelolaan Lahan Kosong

Menanam di pekarangan menjadi salah satu strategi ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 dan mengantisipasi ancaman krisis pangan. 

Karena itu, menurut Kepala Desa Cikeusal Bpk. Mulya, lahan-lahan kosong jangan dibiarkan tidak ditanami sehingga tidak produktif sebagai sumber pangan yang dapat menopang ketahanan pangan. 

Kewajiban kita mendorong ibu-ibu dan bapak-bapak untuk mengembangkan lahan menjadi penopang ketahanan pangan. Manfaatkan lahan yang ada sebagai sumber pangan,? ujarnya kunjungannya di Pekarangan Pangan Lestari (P2L) KWT Desa Cikeusal, Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan pada Kamis (26/5/2022). 

Kepala Desa mengungkapkan, pekarangan tidak hanya mampu mewujudkan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga, pekarangan juga menjanjikan sebagai sumber pendapatan.  

Semua orang butuh pangan. Produk sayuran dan buah-buahan yang berkualitas pasti dicari oleh pasar. Kalau begitu prospek pertanian kita ini menjanjikan,? jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa, mengungkapkan bahwa kegiatan P2L merupakan kekuatan penting dalam menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk menyediakan pangannya secara mandiri, sekaligus dapat menghemat pengeluaran karena bahan pangan diperoleh dari sekitar tanpa harus membeli ke pasar. 

Untuk itu, pihaknya akan terus mendorog masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan juga sumber pendapatan bagi keluarga. 

di seluruh Desa Cikeusal dengan fokus kegiatan pada pembangunan rumah bibit, demplot, pertanaman, dan pascapanen serta pemasaran.